Mengenal NOS dan OS


NIM                : 1705551081
Mata Kuliah    : Network Operating System
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.
Kampus           : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

               
Pengertian NOS (Network Operating System)
Network Operating System (Sistem operasi jaringan) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

Fungsi NOS (Network Operating System)
NOS merupakan sebuah software yang mengontrol software dan hardware lainnya, yang berjalan pada sebuah jaringan (network). Software ini juga memungkinkan lebih dari satu komputer, atau yang juga biasa dikenal dengan komputer jaringan (network computers), untuk dapat berkomunikasi dengan satu komputer utama dan komputer lainnya, sehingga dapat berbagi sumber daya (resources), menjalankan aplikasi, mengirimkan pesan dan berbagai macam fungsionalitas lainnya.

Operating System (OS)
Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Perbedaan Operating System (OS) dengan Network Operating System (NOS)
Sistem Operasi (OS)
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Network Operating Sistem (NOS)
NOS (NETWORK OPERATING SYSTEM), seperti halnya OS yang bertugas mengendalikan kerja komputer, NOS bertugas mengontrol dan mengendalikan jaringan. Biasanya NOS diinstal pada komputer server, tetapi adakalanya juga diinstal pada komputer client. Jika komputer kita nyalakan, OS masuk kedalam komputer dan menyalakannya, baru kemudian NOS masuk. Sejumlah OS seperti Windows NT sudah termasuk NOS dan memang dirancang untuk keperluan network, sehingga tidak perlu menginstal NOS lagi.

Ciri dari NOS biasanya memiliki feature-feature antara lain:
   a. Tampilan pengendali yang menarik dan mudah dengan GUI.
   b. Memiliki metoda penyimpanan data jaringan yang baik.
   c. Keamanan yang tinggi.
   d. Fasilitas pengiriman data ke printer atau komputer lain.
   e. Pemusatan penyimpanan data jaringan.
   f.  Log-on jarak jauh oleh pemakai melalui modem.
   g. Dapat menggunakan workstation tanpa hard disk atau disket.
Beberapa tugas umum NOS adalah:
   a. Administrasi: yaitu menambah, mengurangi dan mengelola user serta
       menyiapkan backup data.
   b. Manajemen file: mengalokasikan dan mentransfer file kepada client yang
       membutuhkan.
   c. Manajemen printer: mengatur prioritas pencetakan melalui sistem antrian.
Keamanan: memonitor dan, jika perlu, membatasi akses ke pusat network.

Contoh-contoh Sistem Operasi (OS)
1. Sistem Operasi Microsoft Windows
Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna. Sistem Operasi ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah so yang berbasis text dengan penggunaan baris perintah. Windows versi1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan di November tahun 1985.
Sampai saat ini windows telah mengeluarkan berbagai macam sistem operasi dan yang terakhir adalah windows 10 yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015
2. Sistem Operasi Linux
Sistem Operasi Linux diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Linux adalah jenis Sistem operasi open-source dimans Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan juga didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Pada umumnya, pengguna linux memasang dan melakukan konfigurasi sediri pada konfigurasi sistem. Pengguna sistem operasi ini kebanyakan adalah orang-orang yang mengerti teknologi dibandingkan para pengguna Windows ataupun Mac OS yang kebanyakan awam terhadap sistem komputer.
Linux terkadang diidentikan dengan para hacker atau geek. Namun seiring perkembangan linux anggapan itu sudah sedikit berubah. Linux memiliki beberapa macam atau distro diantaranya adalah
  • Ubuntu
  • Fedora
  • Backtrack
  • Mandriva
  • Slackware
  • Debian
  • CentOS
  • Red Hat dsb
3. Sistem Operasi Mac OS
Ini merupakan Sistem operasi keluaran dari raksasa perusahaan apple. Jenis ini pun telah terpasang didalam komputer Macintosh atau disebut pula dengan Mac Sistem Operasi ini Memiliki versi sistem operasi baru yang dinamai OS X. Serta beberapa versi yang telah dikeluarkan diantaranya versi Lion 2011, Mountain Lion 2012, Mavericks 2013 ,Yosemite 2014, El Capitan yang dirilis pada 2015.
Pengguna sistem operasi yang satu ini memang tergolong lebih rendah dibandingkan dengan pengguna windows, ini karena harga produk komputer keluaran apple yang tergolong mahal.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.